Apa itu Iman Islam dan Ikhsan

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.Pada kesempata ini saya akan saya akan menjelaskan apa itu iman , islam dan ikhsan setahu saya ketika mendengarkan ceramah pada saat amalliyah ramadahan beberapa hari yang lalu.

1.Apa sih itu Iman..?
iman adalah kita percaya dan mengimani dengan sesuatu hal misal kita mengimani adanya neraka dan surga, adanya bangsa jin. Lebih jelasnya saya mempunyai sepuah kronologi aatau sebuah cerita tentang iman. “Pada suatu ketikan ada seseorang yang  bertemu dengan teman lamannya , teman lamaya yaitu ialah  orang yang sangat jujur dan amanah selama  hidupnya kemudian teman lama tersebut akan memberikan uang sejumlah 2M kepada seseorang tersebut dengan syarat ia harus menuju alun-alun kota pada jam 2 malam apapun yang terjadi”
Ya baik sekarang saya ganti topik  jika seseorang itu adalah anda apakah anda akan menuju alun-alun aatau tidak . misalnya ketika jam 1 malam ada hujan deras dan anda tidak punya kendaraan anda sedang sakit . apakah anda akan tetap menuju ke alun-alun?.
Kesimpulan disinilah letak keimanan anda teruji jika anda berangkat  ke alun-alun apapun yang terjadi maka anda adalah orang yang beriman dan sebaliknya jika anda tidak berangkat maka anda adalah tidak beriman . jadi seperti itulah gambaran dari iman.
2. Apa itu Islam itu….?
kebayakan orang pasti menjawab islam itu agama yang diridhai Allah SWT hal itu memang benar . tapi sederhananya gini menggunakan rumus saja. Islam itu ibarat angka 1 dan amal danperbuatan baik itu adalah angka 0.. jadi kesimpulannya jika anda non islam melakukan sebuah kebaikan maka akumulasinya hanya 000000 sebanyak perbuatan yang anda lakukan hasilnya sama dengan 0 tetapi lain dengan jika anda islam misal anda melakukan tiga kebaikan maka akumulasinya adalah 1000 jadi islam itu merupakan sebuah angka dan amal baik adalah 0.

3. Apa itu Ikhsan
ikhsan yaitu merasa bahwa kita selalu diawasi atau dilihat ole Allah SWT.
saya punya cerita tentang Ikhsan yaitu cerita tentang Nabi Yusuf AS. ake pasti anda pernah mendebgar tentang cerita Nabi Yusuf langsung saja ini ceritanya:
“Sewaktu ia dibuang kesemur oleh saudaranya ia ditemukan oleh seorang pedagang manusia lalu ia di jual sebagai budak kemudian ia diangkat osebagi anak oleh perdana nebtri mesir karena perilakunya dan tampang juga sikapnya yang sangat baik ia menjadi salah satu anak kesayangngan perdana mentri tersebut tapi karena ketampanan dan perilaku Nabi Yusuf yang sangat ibu angkatnya Siti Zulaeha menjadi jatuh hati kepadanya. kemudia pada suatu ketika saat sang perdana mentri sedang tidak ada dan para pembantunya ia liburkan pada saat itu ia memanggil Yusuf kekamarnya dan pada saat itu Siti Zulaeha meminta usuf untuk melayani nafsu ibunya kemudian Yusuf berkata pantaskah saya membalas kebaikan Ayah atau perdana mentri dengan balasan yang seperti ini kemudia Siti Zulaeha menanggalkan pakainnya satu persatu saat itu nafas Yusuf ngos-ngosan karena bingung dan sangat takut kepada Allah SWT lalu Siti Zulaeha berkata apabila Yusuf tidak mau melayani ibu angkatnya maka ia akan mengadukan pada suaiminya bahwa Yusuf hendak memperkosa dirinya dan ia akan di jeblosakan ke penjara lalu Yusuf memilih lari dan ketika ia lari baju belangkany di tari dan robek kemudai Siti Zulaeha pun megadukan hal tersebut kepada suaminya lalu Yusuf akan di jebloskan kepenjara tapi dengan perundingan hakim, hakim memberikan sebua nasehat apabila baju Yusuf yang robek adalah bagian depan maka Yusuf terbukti akan memperkosa,  tetapi jika bagian baju Yusuf yang robek adalah bagian belakang maka justru Siti Zulaeha yang ingin memperkosa Yusuf kemudian dipanggil dan di periksa dan ternya baju belakang Yusuf yang robek hal itu membuktika Yusuf tidak bersalah kemudian sang perdana mentri meminta maaf dan menegur istrinya , kemudia yusuf palahan kalu ia lebih suka kalau ia masuk penjara dari pada tinggal di rumah perdanna mentri kemudian ia dijebloskan ke penjara  .  pada waktu itu sebenarnya Yusuf juga mempunyai perasaan pada Siti Zulaeha tapii karenan ia berfikir jika Allah senatiasa mengawasinya maka ia memilih lari dan meninggalkan perbutan keji tersebut. singkat cerita pada akhirnya Siti Zulaeha mennjadi istri Yusuf setelah Yusuf menjadi Raja Mesir.

Dari cerita tersebut dapa disimpulakn bahwa ikhsan yaitu sika percaya jikalau Allah selalu mengawasi dan melihat kita.

Sekian dari saya semoga boleh bermanfaat untuk diri saya dan pembaca sekalian dan bila ada keslahan itu datangya dari saya pribadi karena kebodohan saya.dan saya mohon maaf
wasalamu’alaikum Wr Wb

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berita Unik

loading...